in Borneo, Indonesia.
Young oraguntan in Borneo, Indonesia. © Studio in the Wild

Kisah Kami di Indonesia

Story Maps: Bercerita dengan Peta

Menyampaikan pesan konservasi selalu dihubungkan dengan pertanyaan dimana kegiatan dilakukan? Dunia konservasi membutuhkan data dan kajian spasial yang kemudian disampaikan dalam sebuah peta. Saat ini, peta, cerita, dan foto dapat digabungkan dalam sebuah media publikasi online yang bernama story maps. Story maps merupakan sebuah perangkat yang untuk bercerita dengan peta. Story mapsmenggabungkan peta, cerita dalam bentuk teks dan gambar. Story maps disediakan oleh ESRI dan telah digunakan oleh banyak lembaga serta individu yang ingin bercerita dengan peta. Story maps dapat ditampilkan dalam berbagai pilihan mulai dari komputer, tablet dan mobile phone. Perkembangan story maps begitu pesat dan digunakan untuk banyak cerita mulai dari hal teknis sampai pada hal yang sifatnya humanis. Dalam bidang konservasi, disediakan subyek tersendiri yang menampilkan semua story maps yang dibuat untuk tujuan konservasi. The Nature Conservation (TNC) adalah satu dari beberapa lembaga yang menggunakan story maps sebagai alat untuk publikasi.

TNC Indonesia program telah memulai untuk membuat beberapa story maps sebagai sebuah media untuk mengkomunikasikan beberapa kegiatan yang dilakukan di Indonesia. Salah satu yang sudah dibuat adalah Konservasi Orangutan di Kalimantan Timur. Cerita ini dapat diakses melalui web: http://arcg.is/22S4mMu

Story Maps Orangutan ini dibangun untuk menampilkan kegiatan konservasi orangutan di Kalimantan Timur berbasis bentang alam (landscape). Dengan sasaran pembaca global, maka story maps ini dibuat dalam bahasa Inggris.