The Nature Conservancy works with communities in Indonesian Borneo to help them protect their traditional forest-based livelihoods.
Women in Indonesia The Nature Conservancy works with communities in Indonesian Borneo to help them protect their traditional forest-based livelihoods. © Nick Hall

SIGAP adalah sebuah pendekatan untuk memberdayakan masyarakat yang bermukim di dalam dan sekitar hutan untuk mengelola sumberdaya alam secara berkelanjutan dan mensejahterakan kehidupannya. SIGAP dikembangkan oleh The Nature Conservancy (TNC) berdasarkan pengalaman mendampingi masyarakat mengelola sumber daya alam mereka. Saat ini, replikasi SIGAP telah dikembangkan di dua kampung model, yaitu Kampung Merabu dan Kampung Long Duhung di Kecamatan Kelay, Kabupaten Merabu, Kalimantan Timur. Kini pendekatan ini mulai dikembangkan untuk SIGAP laut di beberapa daerah pesisir di Raja Ampat, Wakatobi, dan Nusa Tenggara Timur.

SIGAP dilakukan dengan tahapan yang dikenal sebagai 7D yaitu disclosure (membuka diri); define (menentukan tema); discovery (menemukenali kekutan); dream (bermimpi); design (merancang); delivery (melaksanakan); dan drive (merayakan dan menggerakkan). Untuk membantu fasilitator dan masyarakat desa dalam merencanakan, melakukan dan melaporkan tahapan-tahapan tersebut, TNC dan Inspirit mengembangkan Aplikasi SIGAP.

Aplikasi SIGAP adalah aplikasi berbasis Android dan mengandung empat fitur. Pertama, e-book atau Buku Digital berisi konsep dan penjelasan tahapan 7D. Kedua, kuis berisi pertanyaan-pertanyaan berkenaan dengan konsep dan tahapan 7D. Ketiga, login sebagai fasilitator berisi cara mendaftar, merekam dan melaporkan kegiatan serta membuat laporan periodik. Keempat, login sebagai masyarakat desa hutan berisi cara mendaftar, memotret, menulis laporan kegiatan dan mengunggah ke website desa. Semua pengguna smartphone berbasis Android bisa mengunduh aplikasi SIGAP melalui Google Playstore dan website SIGAP. Pengguna umum hanya dapat mengakses buku digital dan kuis SIGAP. Pengguna fasilitator dapat mengakses buku digital, kuis, dan kemudian melanjutkan login SIGAP bila memiliki wilayah desa dampingan. Pengguna masyarakat bisa mengakses buku digital, kuis, dan melanjutkan login SIGAP dan fitur-fitur lain. Bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Aplikasi SIGAP diluncurkan bersamaan dengan penyelenggaraan Festival Perhutanan Sosial Nusantara (Pesona) pada tahun 2016.