Lomplai in Wehea. (c) Nick Hall

Mitra Kami dalam Konservasi

The Nature Conservancy senantiasa mencari solusi yang yang non-konfrontatif, pragmatis, serta berbasis pasar terhadap berbagai ancaman bagi konservasi. Sangatlah penting bekerja sama dengan berbagai mitra – lembaga pemerintah, masyarakat, perusahaan, lembaga multilateral, individu serta organisasi nirlaba di seluruh negeri.
Instansi Pemerintah

Instansi Pemerintah

Kami bekerja sama dengan lembaga pemerintah di Indonesia, seperti Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Lingkungan Hidup, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional / Bappenas, Kementerian Riset dan Teknologi / BPPT, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia / LIPI, Unit Kerja Presiden untuk Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan/UKP4, Dewan Nasional Perubahan Iklim / DNPI, Dewan Kehutanan Nasional, Komisi Nasional Studi Perikanan & Konservasi Laut serta instansi lain di tingkat nasional, propinsi dan kabupaten.

Lembaga Multilateral-Bilateral / Lembaga Pembangunan

Meskipun metode utama konservasi kami sejak mulai bekerja di luar wilayah Amerika Serikat adalah dengan cara mengalokasikan dan merancang sumber pendanaan konservasi, kami semakin paham bahwa strategi konservasi yang berhasil haruslah meliputi kemitraan dengan pemerintah, lembaga donor, dan organisasi non pemerintah lain pada tingkat lokal, nasional dan internasional.
Sebagai contoh:

  • US Agency for International Development
  • Departemen Luar Negeri AS
  • US National Oceanic and Atmospheric Administration
  • UNESCO
  • Bank Dunia
  • Fasilitas Lingkungan Global (Global Environment Facility)
  • International Finance Corporation
  • Australian Agency for International Development
  • Australian Government Department of Environment and Heritage – Regional Natural Heritage Programme
  • Kementerian Lingkungan, Konservasi Alam dan Keamanan Nuklir, Republik Federal Jerman
  • Badan Kerja sama Pembangunan Norwegia, dan lain-lain.

Perusahaan

Selama beberapa dekade, The Nature Conservancy telah menyadari bahwa sektor swasta berperan penting dalam memajukan misi konservasi. Diiringi semangat itu, kami bekerja sama dengan perusahaan besar dan kecil di seluruh dunia untuk membantu mengubah aktivitas dan kebijakan dunia usaha, meningkatkan kesadaran akan masalah konservasi, serta menggalang dana untuk mendukung ilmu pengetahuan dan proyek konservasi baru.

Organisasi Nirlaba

The Nature Conservancy bekerja sama dengan organisasi lain yang sejenis, seperti WWF, Conservation International, Wildlife Conservation Society, World Education dan lain-lain.

Masyarakat Lokal

Sebagian besar keanekaragaman hayati dunia berada di daerah-daerah pemukiman. Konservasi yang efektif tidak mungkin dicapai kecuali orang-orang yang hidup dan bergantung pada wilayah tersebut menjadi satu kesatuan dari proses konservasi. Selama 20 tahun terakhir, The Nature Conservancy mengandalkan kerja sama dengan masyarakat lokal dalam melestarikan beberapa ekosistem biologis yang paling kritis dan terancam serta memastikan berjalannya pengelolaan ekologi dengan baik sambil terus mendukung peningkatan perekonomian lokal. Pelajari lebih jauh keterlibatan aktif TNC dengan penduduk asli dan masyarakat lokal.