Perikanan

Perikanan berkelanjutan akan menguntungkan masyarakat. Perikanan yang tidak berkelanjutan - termasuk di antaranya penangkapan ikan secara berlebihan dan penggunaan bom ikan dan racun - dapat menghancurkan cadangan ikan dan pada beberapa kasus dapat menghancurkan seluruh ekosistem laut.

Namun, pasar yang berkembang, teknologi baru, dan meningkatnya keakuratan dalam menemukan ikan, telah bersama-sama menyebabkan penangkapan ikan secara berlebihan.

Memastikan ikan tetap terjamin di masa depan adalah tugas yang rumit dan membutuhkan solusi luas dengan mempertimbangkan seluruh ekosistem dan kontribusi terhadap pembangunan masyarakat lokal yang berkelanjutan. Kelompok nelayan didorong untuk saling menyepakati dan mengelola bersama wilayah penangkapan ikan yang bersandingan dengan kawasan larang tangkap.

TNC bekerja sama dengan nelayan, dunia usaha, pemerintah, dan akademisi untuk merancang dan menerapkan pendekatan pengelolaan perikanan yang mempromosikan pasokan pangan laut yang stabil, menjaga sumber penghidupan nelayan dan konservasi laut.

Program Perikanan TNC Program Indonesia bertujuan untuk mempromosikan dan mendukung pengenalan pengelolaan berbasis hak pemanfaatan atau Rights-based management (RBM) perikanan skala kecil dekat pantai di Indonesia. Program ini mencakup berbagai komponen termasuk:
• Pemetaan sumberdaya perikanan dan pemilihan lokasi untuk proyek percontohan
• Reformasi kebijakan untuk memungkinkan pengelolaan berbasis hak pemanfaatan di Indonesia
• Pengembangan jejaring wilayah pemanfaatan perikanan berbasis hak dan yang disandingkan dengan wilayah larang tangkap di proyek percontohan
• Pengenalan metode pengkajian stok yang minim data untuk memungkinkan penentuan tata cara panen di wilayah percontohan.

Kami akan membentuk kemitraan dengan nelayan dan perusahaan perdagangan ikan skala menengah untuk mengaplikasikan teknologi baru dalam berbagi data dan pengkajian stok, untuk memperbaiki penelusuran asal usul produk dan keberlanjutan perikanan.