Bentang Laut

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, laut beserta isinya merupakan sumberdaya alam yang sangat penting bagi Indonesia. Ekosistem laut tidak hanya mendukung ekonomi lokal, tetapi juga memberikan perlindungan bagi masyarakat pesisir dengan meredam energi gelombang saat badai dan merupakan area untuk berkembang bagi ikan serta kehidupan laut lainnya.

TNC bermitra dengan pemerintah, pihak swasta, akademisi dan masyarakat dari berbagai tingkatan untuk memastikan bahwa sumberdaya alam laut Indonesia dapat terkelola dengan baik demi kesejahteraan masyarakat saat ini maupun mendatang. Kami mendorong perbaikan tata kelola, kebijakan dan pemanfaatan sumberdaya laut pada berbagai tingkatan, dari tingkat tapak hingga nasional, menyeimbangkan pembangunan dan kebutuhan konservasi.

Di tingkat internasional, kami mendukung komitmen antar negara untuk bekerjasama mengelola sumeberdaya laut secara lestari melalui Inisiatif Segitiga Terumbu Karang.

Strategi program kelautan Indonesia untuk mewujudkan pengelolaan sumberdaya alam laut secara lestari adalah:
• Perlindungan sumberdaya alam laut: mendorong perlindungan dan pemulihan terumbu karang, hutan bakau, padang lamun dan habitat alami lainnya melalui pembentukan dan pengelolaan kawasan konservasi perairan laut secara efektif;
• Pemanfaatan sumberdaya laut secara berkelanjutan: mendorong pariwisata dan perikanan masyarakat yang bernilai ekonomis, bertanggung jawab secara sosial dan ramah lingkungan;
• Pengembangan tata ruang laut: menggunakan pendekatan ilmiah dan partisipatif, untuk menyelaraskan pemanfaatan ruang laut dengan memperhatikan kebutuhan pembangunan sosio-ekonomi, kepentingan konservasi dan adaptasi terhadap perubahan iklim; dan
• Pengembangan wilayah pesisir yang tangguh: memanfaatkan ekosistem laut dan pesisir, untuk mengurangi kerentanan masyarakat terhadap dampak perubahan iklim.

Bergabunglah bersama kami dalam melindungi berbagai hal yang disediakan oleh laut dan dalam mengembangkan strategi berbasis keilmuan untuk membantu memastikan kesehatan dan produktivitas laut.