FAQ

1. Apa saja yang dikerjakan The Nature Conservancy?

Sejak 1951, TNC telah bekerja bahu-membahu dengan individu, masyarakat setempat, instansi pemerintah dan perusahaan swasta untuk melindungi alam yang menjadi tempat hidup beragam tanaman dan hewan di bumi. Metode kami dalam melindungi daratan, termasuk pembelian langsung, pemberian kemudahan, dan kemitraan dengan lembaga lokal dan kelompok lain.

Di Indonesia, TNC telah aktif selama 24 tahun terakhir dengan persetujuan penuh dari pemerintah dengan program-program yang telah diperluas dan berkembang secara signifikan. Sejak dimulai dari kegiatan di lokasi awal kami di Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah dan Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur, program kami berkembang tidak hanya memberikan solusi, namun juga menggunakan pengalaman dan pengetahuan kami untuk membentuk kebijakan dan prioritas yang mengarahkan dukungan politik dan keuangan untuk mereplikasi keberhasilan konservasi secara nasional dan global.

2. Bagaimana cara menghubungi The Nature Conservancy?

TNC dapat dihubungi di SINI

3. Siapa pemilik dan pengelola The Nature Conservancy?

TNC merupakan organisasi tunggal bebas pajak 501(c)(3) diatur oleh Dewan Direksi relawan di seluruh dunia dan dikelola dari kantor pusat di Arlington, Virginia Amerika Serikat. Karena TNC diatur sebagai satu organisasi bukan sebagai badan hukum lokal yang terpisah, tanggung jawab utama untuk kegiatan TNC ada di tangan Dewan Direksi. Meskipun Dewan Direksi tidak dapat mendelegasikan tanggung jawab hukum dan fidusianya yang luas, mereka bisa mendelegasikan tanggung jawab untuk kegiatan operasional sehari-hari kepada presiden dan CEO, yang kemudian mendelegasikan tanggung jawab kepada tim eksekutifnya.

4. Dari mana pendanaan The Nature Conservancy?

Untuk informasi tentang pendanaan The Nature Conservancy dan penggunaan dana tersebut, silahkan lihat laporan tahunan terbaru kami.

5. Siapa saja mitra lokal The Nature Conservancy di Indonesia?

The Nature Conservancy mengupayakan solusi yang non-konfrontatif, pragmatis, dan berbasis pasar untuk menghadapi tantangan konservasi. Dengan demikian, penting bagi kita untuk bekerja sama dengan berbagai mitra - dengan lembaga pemerintah, masyarakat, perusahaan, lembaga multilateral, individu dan organisasi nirlaba di seluruh negeri. Untuk gambaran yang lebih lengkap tentang mitra kami, silahkan lihat di sini

6. Kepada siapa saya harus bertanya tentang proyek The Nature Conservancy di wilayah saya?

TNC dapat dihubungi di SINI

7. Bagaimana cara melamar untuk bekerja di The Nature Conservancy di Indonesia?

The Nature Conservancy mempekerjakan sekelompok karyawan bertalenta dan dari berbagai disiplin ilmu yang berdedikasi serta pekerja keras yang bekerja sama untuk mencapai tujuan konservasi kami bersama. Jika Anda tertarik untuk bergabung dengan tim kami, silahkan kunjungi laman karir kami untuk informasi lebih lanjut tentang peluang berkarir di The Nature Conservancy dan rincian tentang cara melamar pekerjaan tersebut. Jika Anda ingin untuk dimasukkan pada daftar pelamar pekerjaan kami, silakan kirim resume Anda ke recruitment.indo@tnc.org

8. Bisakah saya magang atau menjadi sukarelawan untuk The Nature Conservancy di Indonesia?

Tergantung pada kebutuhan dan lowongan yang ada saat itu, The Nature Conservancy membuka kesempatan untuk posisi Magang dan Relawan. Silakan kirim surat berisikan ungkapan ketertarikan Anda, termasuk di dalamnya resume dan motivasi Anda untuk posisi tersebut, ke The Nature Conservancy di indonesia@tnc.org.

9. Apa itu proyek warisan?

Proyek warisan adalah proyek-proyek masa lalu The Nature Conservancy di mana tanggung jawab untuk pengelolaan proyek-proyek tersebut telah sepenuhnya diserahkan kepada kelompok-kelompok dan mitra lokal.

10. Apa itu konservasi berdasarkan desain? Lalu, apa itu pembangunan berdasarkan desain? Apa hubungan konsep keduanya dengan Indonesia?

Konservasi berdasarkan Desain adalah suatu kerangka kerja yang menerjemahkan Misi global TNC menjadi satu artikulasi pemersatu tujuan dan arah bersama – sebuah kompas untuk menyelaraskan organisasi dalam mengambil tindakan konservasi yang paling efektif demi mencapai hasil yang nyata dan kekal. Ini menetapkan sebuah visi yang jelas, singkat dan padat dalam mencapai keberhasilan misi, target ambisius dalam membuat langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi visi ini, ringkasan dari pendekatan terpadu kami dalam mencapai target ini, garis besar dari langkah-langkah yang kita gunakan untuk memantau kemajuan organisasi kami serta deskripsi sebuah dari nilai-nilai unik yang menjadi ciri pekerjaan konservasi dari The Nature Conservancy.

Pembangunan berdasarkan Desain adalah suatu kerangka kerja yang didasarkan pada keahlian ilmiah TNC. Pembangunan berdasarkan Desain (PbD) memberikan suatu pandangan menyeluruh tentang bagaimana pembangunan masa depan dapat mempengaruhi sistem alam kita dan memberikan solusi untuk memastikan kelestarian sistem alam tersebut untuk jangka panjang demi masyarakat dan satwa liar berharga yang hidupnya bergantung pada sistem alam tersebut.

The Nature Conservancy menerapkan kedua kerangka kerja tersebut untuk aktivitas konservasinya di Indonesia dengan tujuan untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan Indonesia, dan pada saat yang sama menjaga daratan dan perairan yang menjadi sumber makanan dan air bagi manusia.

11. Bagaimana sikap The Nature Conservancy terhadap kebutuhan, nilai-nilai, dan tradisi dari masyarakat lokal di Indonesia?

Keberhasilan konservasi yang kekal bergantung pada keterlibatan aktif dari masyarakat dan mitra yang kehidupan dan mata pencahariannya terkait dengan sistem alam yang kita lestarikan. Kami menghormati kebutuhan, nilai-nilai dan tradisi masyarakat dan budaya lokal, dan kami menjalin hubungan yang saling menguntungkan dan saling percaya.

12. Bagaimana sikap TNC terhadap perubahan iklim?

Perubahan iklim adalah salah satu ancaman terbesar bagi manusia dan alam. Hal ini telah mengubah kehidupan sehari-hari kita dan tempat kita hidup, dan dampaknya akan dramatis dan bertahan lama pada tanaman, hewan, manusia, ekonomi dan cara hidup kita. Mengatasi Perubahan Iklim sangat penting dalam memenuhi misi The Nature Conservancy. Kami memiliki kepentingan yang unik dalam masalah ini, dan diposisikan untuk membuat perubahan. Melakukan tindakan sekarang dapat menghindari dampak ekstrim dari Perubahan Iklim dan dapat mendatangkan efek positif bagi kehidupan masyarakat sehari-hari. Ini adalah tanggung jawab kita demi generasi mendatang dan demi diri kita sendiri.

13. Langkah-langkah apa yang bisa dilakukan sekarang untuk melawan perubahan iklim di Indonesia?

Investasi dalam mencari sumber energi alternatif yang terbarukan akan membantu Indonesia dalam mengurangi ketergantungannya pada bahan bakar fosil dan mengurangi emisi bahan kimia berbahaya lain seperti sulfur dioksida, nitrogen oksida dan merkuri. Dengan memperlambat atau menghentikan penggundulan hutan, kita dapat menyimpan lebih banyak karbon dan mengurangi emisi yang menjadi penyebab perubahan iklim, dan terus menuai manfaat dari hutan yang sehat. Deforestasi menyumbang hingga 25 persen emisi karbon di seluruh dunia - menebang dan membakar satu pohon berukuran sedang melepaskan satu metrik ton karbon ke atmosfer.

Beberapa ilmuwan memprediksi bahwa kita memiliki 10 tahun sebelum terlambat bagi kita untuk melawan pemanasan global. Ilmuwan terkemuka memperingatkan bahwa "bisnis seperti biasa" akan menghasilkan sebuah "planet lain" atau akan "memperbarui wajah bumi." Setiap orang dapat berkontribusi untuk memecahkan masalah perubahan iklim dari diri mereka sendiri yaitu dengan mengurangi konsumsi energi.

14. Bagaimana sikap The Nature Conservancy terhadap perburuan dan pemancingan?

Secara umum, TNC tidak berwenang secara formal untuk mendukung atau melawan terhadap kegiatan berburu atau memancing. Karena fokus utama kami adalah senantiasa untuk melindungi seluruh spektrum keanekaragaman hayati asli, kami tidak menganjurkan kegiatan berburu atau memancing di sebagian besar kawasan konservasi yang kita milik atau kelola. Pada saat yang sama, jika kegiatan ini dilakukan sesuai pedoman dan undang-undang negara dan daerah, kita tidak akan menentang siapapun yang ingin turut serta di dalamnya.

Jika Anda ingin tahu apakah kegiatan berburu atau memancing diperbolehkan pada satu lokasi konservasi tertentu, silahkan hubungi cabang lokal BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Kementrian Kehutanan atau instansi terkait dari Kementrian Kelautan dan Perikanan Perikanan di mana lokasi konservasi berada.

15. Maukah The Nature Conservancy menggunakan atau membeli karya fotografi saya?

Mengingat terbatasnya sumber daya dan meningkatnya peminat, kami tidak lagi mengeluarkan pedoman fotografer dan tidak menerima kiriman fotografi yang tidak diminta. Ini juga termasuk untuk majalah The Nature Conservancy dan publikasi TNC lainnya.

Satu-satunya bahan yang tidak diminta yang dapat kita terima adalah berupa email yang menampilkan tautan ke laman web pribadi atau portofolio online Anda. Silakan kirim email tersebut ke photo@tnc.org dan cantumkan nama wilayah The Nature Conservancy yang Anda foto. Kami akan meninjau tautan ini secara berkala dan akan menghubungi Anda jika karya Anda sesuai dengan kebutuhan proyek kami. Harap tidak mengirim e-mail yang disertai dengan lampiran.

Silakan hubungi kantor The Nature Conservancy tingkat lokal, provinsi maupun negara di daerah tempat Anda mengambil foto dan /atau yang mungkin berencana Anda kunjungi. Kantor-kantor tersebut mungkin butuh akuisisi foto, kontes, produk, dll, yang mungkin menarik bagi Anda.

Sebelum menghubungi kantor-kantor tersebut, kami sarankan Anda untuk sejenak kunjungi situs web kami untuk mengetahui tentang daerah-daerah di mana kita bekerja.